Cak Haris Diary's @ 26 November 2011

Sabtu, 30 Dzulhijjah 1432 H..

Ini akhir bulan Dzulhijjah.. Juga akhir tahun 1432 Hijriyah.. Awal  hari di pagi hari setelah membimbing anak2 belajar untuk UAS, aku sepedaan ke Cengklik dengan menggunakan Jersey baru merk CERVELO yang harganya 40 ribuan :-D...
Berangkat ke Cengklik (lagi-lagi) menaklukkan tanjakan terjal off road di sebelah barat bandara adi soemarmo.. Lega rasanya bisa naklukkin tanjakan terjal tersebut..
Di sana sarapan di warungnya Mbah Bayan. Ketemu ustadz Khusyairi.. Aku sarapan sego pecel (tanpa telor) + ote-ote 2 + tahu garing + mendoan + susu jahe anget.. Habis Rp 7.000,-
Jam setengah 7 buru-buru langsung balik ke pondok.. Nyampe' pondok jam 7 kurang 9 menit.. Langsung siap-siap. Jam 7.30 WIB nguji lisan anak-anak kelas 7 MTs assalaam di masjid sisi utara..
Nguji sampe' jam 11.50 WIB..
Sholat dzuhur berjama'ah,.. Makan siank di dapur assalaam (sayur sup + lauk ayam goreng)..
Istirahat siang..
Sore ga' ke mana-mana.
Sholat maghrib di masjid assalaam.. Lalu menengok ke anjungan tower Astronomi PPMI Assalaam di gedung lantai VI.. Di sana kita bisa melihat Hilal dengan sangat jelass meski dengan mata telanjang, karena cuaca yang sangat cerah pada waktu itu..
Lalu turun, makan malam lauk'e Tongseng khas dapur'e assalaam..
Sholat isya' berjama'ah lagi di masjid assalaam..
Lalu gowes keliling kota Surakarta.. Dari Pondok, ke Alfamart depan kampus UMS (beli frestea), lalu ke Jalan Slamet Riyadi via Kleco.. Ketemu Aa' Uus (teman kenalan gowes / dari Bandung / mantan pemain volly timnas Indonesia).. Mampir ke Rodalink Solo.. Lanjut.. Luruuuussss sampai Gladag. Lalu ke kiri, rest di depan Balai Kota Surakarta.. Lanjut ke Pasar Gede,. Terus ke Jalan Sutan Syahrir (Widuran)..Pulang lewat Manahan.. Lurus.. Terus belok kiri setelah adipura (lewat Karangasem / Bulak Indah).. Nyampe' jam 22.06 WIB.. Tengok-tengok dulu persiapan event Jalan Sehat di lapangan komplek barat,..

Pulang ke asrama.. Mampir ke kapatra .. Kaget koq ada anak-anak kelas 2 MTs lagi disidang / interogasi.. Ternyata mereka melanggar dengan membawa Handphone ke Pondok.. Aku turut bertindak dan menginterogasi mereka dengan dibantu anak-anak kelas 5..
Setelah ku interogasi, tiba2 Hapeku berbunyi.. Ada "Calling" dari Ibak (keponakanku).. Menyampaikan kabar duka & mengejutkanku tentang kepergian ayahandaku untuk selama-lamanya..
Aku langsung syok & menangis tersedu-sedu.. Sungguh tak terduga.. Padahal selama 3 minggu ini yang ku tahu kabar ayahku semakin sehat perlahan-lahan.. Ternyata ibu & kakak menyembunyikan suatu hal ini dariku... Padahal sejak Rabu, 16 November 2011 (tepat di ultahku ke 23 tahun) ayahku opname di RS Bunda, Kota Gresik.. Ibu & kakak merahasiakan hal ini dariku karena mereka tahu bahwa aku ini orang yang tidak bisa tenang dalam ke-Galau-an.. Mereka membiarkan aku tenang dan tidak khawatir.. Tapi ternyata segala duka yang mendalam mencapai puncaknya pada "sabtu 26 November 2011 pukul 22.30 WIB malam / 1 Syuro / 1 Muharram 1433 H"...

Aku semakin curiga tapi "Na'uudzu billaahi",.. Tentang hal-hal mistik yang berkenaan dengan penyakit ayah.. Juga wafatnya yang bertepatan dengan "Malam 1 Syuro"... Tapi mudah-mudahan terjauh dari itu,,.
  ... أعـوذ بكلمـات الله التــامّـاتِ مِـنْ شَــرِّ مَــا خَــلَقَ ...

aku yang mendengar hal itu langsung meninggalakan urusan kasusnya anak-anak.. Aku langsung pindah ke Kapatra 1 No.1 (kamar'e Jeffry & Yazid).. Yang mana itu dulu adalah kamarku juga. Di dalem kamar ini aku menangis tersedu-sedu.. Langsung ku pulang naek bus.. Dianterin Kang Devi sampe' depan KARVAK.. Nunkgu bus MIRA lamaaaa bangeettzzz...

Akhirnya tak apalah naek bus sedapetnya.. Aku pilih Sumber Kencono,,. Tapi sampe' Tirtonadi aja Rp 2.000,-.. Lalu oper bus MIRA menuju Bungurasih.. Sepanjang perjalanan di atas bus aku selalu menangis tersedu-sedu tiap kali mengenang Ayahanda. Hingga saputanganku pun basah dengan air mata  ;-(  ;-(...

Naek bus MIRA , turun di per-4-an Krian Bypass.. Di situ si Ibak (Misbahul Arifin / keponakanku) udah nunkguin njemput aku.. Aku mampir dulu di masjid Arrahmah Krian untuk sholat shubuh meski udah jam 5 pagi... Setelah sholat, kita langsung lanjutin perjalanan ke rumah keluarga kami...
eitssss,, ini berlanjut ke besok harinya...
jadi, lihat diary tanggal 27 November 2011..

PENGELUARAN : Sarapan di warung'e Mbah Bayan Rp 7.000,- . Beli Frestea di alfamart depan kampus UMS Rp 4.000,- . Naek bus Sumber Kencono sampe' terminal Tirtonadi  Rp 2.000,- . Naek bus MIRA Rp 30.000,- (Tarif Solo-Bungur.. Tapi aku disuruh kakakku untuk turun di Bypass Krian)..

NEXT : 27 November 2011 (Hari persemayaman ayah)..

Share on Google Plus

About cakharis.blogspot.com

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.