Ini adalah Contoh Silabus (mata pelajaran) SHOROF untuk santri kelas 3 MTs PPMI Assalaam semester Ganjil tahun ajaran 2012-2013.
SILABUS
PEMBELAJARAN
Tahun Ajaran 2012-2013
NAMA SEKOLAH : MTs PPMI Assalaam
MATA PELAJARAN : ILMU SHOROF
KELAS/SEMESTER : IX / GASAL
STANDAR KOMPETENSI
: Menentukan Bina’ dan menashrifkan beberapa shighoh suatu
fi’il secara Tashrif Ishthilahiy dan Tashrif Lughowiy
ALOKASI WAKTU :
32 x 40 menit
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber/
Bahan/Alat
|
Memahami cara-cara menentukan Bina‘ dari Fi’il Mazid.
|
·
Fi’il Mujarrod dan Fi’il Mazid.
·
Huruf Ashliyyah dan Huruf Ziyadah.
·
Wazan dari Fi’il Mazid.
·
Menentukan Bina‘ dari Fi’il Mazid.
|
·
Meneliti dan menganalisa perbedaan antara Fi’il
Mujarrod dengan Fi’il Mazid.
·
Menentukan Huruf Ashliyyah dan Huruf Ziyadah dari
suatu Fi’il Mazid.
·
Menentukan wazan dari suatu Fi’il Mazid.
·
Menentukan Bina’ dari suatu Fi’il Mazid.
|
·
Mampu membedakan antara Fi’il Mujarrod dengan Fi’il
Mazid.
·
Menyebutkan Huruf Ashliyyah dan Huruf Ziyadah yang
terkandung dari Fi’il Mazid.
·
Mengetahui wazan suatu Fi’il Mazid.
·
Mampu menentukan Bina’ dari Fi’il Mazid dengan tepat.
|
·
Ketelitian.
·
Kesungguhan.
|
2 x 40 menit
|
·
Buku SHOROF jilid pertama.
·
Kamus Bahasa Arab.
·
Al Qur’an.
|
Nilai Karakter
|
· Senantiasa mengawali
dan mengakhiri aktivitas dengan berdoa.
· Disiplin dalam
mematuhi peraturan sekolah.
· Menghormati guru.
· Mengerjakan tugas
yang diterima secara mandiri, inisiatif dan kreatif .
· Saling bekerja sama dalam
mengerjakan tugas kelompok
· Berkomunikasi lisan
dan tulisan dengan guru maupun teman menggunakan bahasa yang benar dan sopan.
|
|||||
· Menashrifkan dan menghafal
Tashrif Ishthilahiy dan Tashrif Lughowiy dari beberapa shighoh Fi’il
Tsulatsiy Mazid, Ruba’iy Mujarrod, dan Ruba’iy Mazid.
· Mengetahui dan memahami
makna dari masing-masing kata yang ditashrifkan.
· Mampu menerapkannya dalam
perubahan kata pada suatu kalimat.
|
·
Tashrif Ishthilahiy dari wazan dan mauzun : اَفْعَـلَ ، فَـاعَلَ ، تَفَـاعَلَ ، فَعَّـلَ ، تَفَعَّـلَ ، اِفْتَعَـلَ
، اِنْفَعَـلَ ، اِسْتَفْعَـلَ ، اِفْعَـلَّ ، اِفْعَـالَّ ، تَفَعْـلَلَ ،
اِفْعَنْـلَلَ ، dan
اِفْعَـلَلَّ .
·
Tashrif Lughowiy : اَفْعَـلَ ،
فَـاعَلَ ، تَفَـاعَلَ ، فَعَّـلَ ، تَفَعَّـلَ ، اِفْتَعَـلَ ، اِسْتَفْعَـلَ
، تَفَعْـلَلَ ، dan
اِفْعَـلَلَّ .
·
Tashrif Lughowiy :
يَفْعَُِـلُ ،
يُفْعِـلُ ، يُفَعِّـلُ ، يَتَفَـاعَلُ ، يَفْتَعِـلُ ، يَسْتَفْعِـلُ .
·
Tashrif Lughowiy dari Fi’il Mudhori’ yang dita’kid
dengan Nun Tawkid Tsaqilah.
·
Tashrif Lughowiy Fi’il Amr dan Fi’il Nahy (tanpa Nun
Tawkid dan dengan Nun Tawkid).
|
·
Menashrifkan wazan-wazan berikut : اَفْعَـلَ ، فَـاعَلَ ، تَفَـاعَلَ ، فَعَّـلَ ، تَفَعَّـلَ ، اِفْتَعَـلَ
، اِنْفَعَـلَ ، اِسْتَفْعَـلَ ، اِفْعَـلَّ ، اِفْعَـالَّ ، تَفَعْـلَلَ ،
اِفْعَنْـلَلَ ، dan
اِفْعَـلَلَّ secara Tashrif
Ishthilahiy beserta Mauzunnya masing-masing.
·
Menashrifkan wazan-wazan berikut : اَفْعَـلَ ، فَـاعَلَ ، تَفَـاعَلَ ، فَعَّـلَ ، تَفَعَّـلَ ، اِفْتَعَـلَ
، اِسْتَفْعَـلَ ، تَفَعْـلَلَ ، اِفْعَـلَلَّ serta tashrif
wazan : يَفْعَُِـلُ
، يُفْعِـلُ ، يُفَعِّـلُ ، يَتَفَـاعَلُ ، يَفْتَعِـلُ ، يَسْتَفْعِـلُ secara Tashrif Ishthilahiy beserta Mauzunnya masing-masing. |
· Melafalkan Tashrif Ishthilahiy اَفْعَـلَ ، فَـاعَلَ ، تَفَـاعَلَ ، فَعَّـلَ ، تَفَعَّـلَ ، اِفْتَعَـلَ
، اِنْفَعَـلَ ، اِسْتَفْعَـلَ ، اِفْعَـلَّ ، اِفْعَـالَّ ، تَفَعْـلَلَ ،
اِفْعَنْـلَلَ ، dan
اِفْعَـلَلَّ menirukan yang
telah dilafalkan oleh guru, dan menghafalkannya.
· Melafalkan Tashrif Lughowiy اَفْعَـلَ ، فَـاعَلَ ، تَفَـاعَلَ ، فَعَّـلَ ، تَفَعَّـلَ ، اِفْتَعَـلَ
، اِسْتَفْعَـلَ ، تَفَعْـلَلَ ، اِفْعَـلَلَّ يَفْعَُِـلُ ، يُفْعِـلُ ، يُفَعِّـلُ ،
يَتَفَـاعَلُ ، يَفْتَعِـلُ ، يَسْتَفْعِـلُ secara
kompak dan menghafalkannya.
· Menashrifkan mauzun dari wazan-wazan tersebut
dengan tepat dan sesuai dengan wazannya.
|
·
Antusiasme.
·
Tanggung jawab
·
Kecermatan dan ketelitian.
·
Hafalan.
|
2 x 40 menit dalam 7 x pertemuan klasikal (tatap
muka).
14 x 40 menit
|
·
Kitab SHOROF jilid pertama dan jilid kedua (penerbit
PPMI Assalaam).
·
Kamus Bahasa Arab.
·
Kitab At Tashrif (penerbit pesantren Persatuan Islam
Bangil)
|
Nilai Karakter
|
· Senantiasa mengawali
dan mengakhiri aktivitas dengan berdoa.
· Disiplin dalam
mematuhi peraturan sekolah.
· Taat dan menghormati
guru.
· Mengerjakan tugas
yang diterima secara mandiri, inisiatif dan kreatif.
· Saling bekerja sama
dalam mengerjakan tugas kelompok.
· Berkomunikasi lisan
dan tulisan dengan guru maupun teman menggunakan bahasa yang benar dan sopan.
|
·
Menashrifkan dan menghafal Tashrif Lughowiy dari Isim
Fa’il, Shifah Musyabbahah bi Ismil Fa‘il, Isim Maf’ul, Dhomir, dan Isim
Isyaroh.
·
Mengetahui dan memahami makna dari masing-masing kata yang
ditashrifkan.
·
Mampu menerapkannya dalam perubahan kata pada suatu
kalimat.
·
Memahami makna Shighoh Muntahal Jumu‘ pada Isim Fa’il.
|
· Tashrif Lughowiy Isim Fa‘il
dari wazan dan mauzun
: فَـاعِـلٌ ،
مُفْعِـلٌ ، مُفَاعِـلٌ ، مُفْتَعِـلٌ ، مُتَفَاعِـلٌ . dan Shifah
Musyabbahah (berupa kata sifat, karakter, bentuk, dan warna) dari wazan : فَعِيْـلٌ ، فَعِلٌّ ، فَعَلٌ ، فَعْـلٌ ،
اَفْعَـلُ.
·
Tashrif Lughowiy Isim Maf’ul : - مَفْعُوْلٌ ، مُسْتَفْعِـلٌ ، مُفَاعِلٌ ، مُفَعِّلٌ
، مُفْعَلٌ
·
Tashrif Lughowiy pada Dhomir fiy mahalli rof’in, fiy mahalli nashbin, dan fiy mahalli jarrin.
·
Tashrif Lughowiy pada Isim Isyaroh Lil Qorib dan Lil
Ba’id.
·
Menerapkan tashrif-tashrif tersebut dalam perubahan
kata.
|
·
Menashrifkan wazan-wazan berikut : فَـاعِـلٌ ، مُفْعِـلٌ ، مُفَاعِـلٌ ، مُفْتَعِـلٌ ، مُتَفَاعِـلٌ . secara Tashrif
Lughowiy beserta Mauzunnya masing-masing.
·
Menashrifkan Isim Shifah Musyabbahah bi Ismil Fa’il
secara Tashrif Lughowiy.
·
Menashrifkan
Isim Maf’ul dari wazan مَفْعُوْلٌ ، مُسْتَفْعِـلٌ ، مُفَاعِلٌ ،
مُفَعِّلٌ ، مُفْعَلٌ secara Tashrif
Lughowiy beserta Mauzunnya masing-masing.
·
Menashrifkan Dhomir dan Isim Isyaroh secara Tashrif
Lughowiy dan menerapkannya pada perubahan kata dalam suatu kalimat / wacana.
|
·
Menghafalkan Tashrif فَـاعِـلٌ ، مُفْعِـلٌ ، مُفَاعِـلٌ ، مُفْتَعِـلٌ ، مُتَفَاعِـلٌ . secara
Tashrif Lughowiy beserta Mauzunnya masing-masing.
·
Melafalkan dan menghafalkan
Tashrif Isim Shifah Musyabbahah bi Ismil Fa’il
secara Tashrif Lughowiy.
·
Menghafalkan Tashrif Lughowiy
pada Isim Maf’ul dengan wazan مَفْعُوْلٌ ، مُسْتَفْعِـلٌ ، مُفَاعِلٌ ،
مُفَعِّلٌ ، مُفْعَلٌ
beserta
Mauzunnya.
·
Menghafalkan
tashrif Dhomir dan Isim Isyaroh
secara Tashrif Lughowiy dan menerapkannya pada perubahan kata.
|
· Antusiasme.
· Tanggung jawab
· Kecermatan dan ketelitian.
· Hafalan.
|
2 x 40 menit dalam 7 x pertemuan klasikal (tatap muka).
14 x 40 menit
|
· Kitab SHOROF jilid pertama
dan jilid kedua (penerbit PPMI Assalaam).
· Kamus Bahasa Arab.
· Kitab At Tashrif (penerbit pesantren
Persatuan Islam Bangil)
|
Nilai
Karakter
|
· Senantiasa mengawali
dan mengakhiri aktivitas dengan berdoa.
· Taat dan menghormati
guru.
· Mengerjakan tugas
yang diterima secara mandiri, inisiatif dan kreatif.
· Saling bekerja sama
dalam mengerjakan tugas kelompok.
· Berkomunikasi lisan
dan tulisan dengan guru maupun teman menggunakan bahasa yang benar dan sopan.
|
Mengetahui Sukoharjo, 19 Juni 2012
Kepala MTs PPMI Assalaam Guru Mata Pelajaran
Sigit Raharja, S. Si Haris
Firmansyah, A. Md
Wahai para pemimpinku dan atasanku, mohon dibaca hal-hal seperti ini. dikomentari.
BalasHapussaya juga sering memosting artikel pendidikan dan ilmiah, tapi koq tidak pernah dibahas ataupun disanjung,.
Padahal saya tahu kalo Anda membuka blog saya.
'afwan 'afwan 'afwan 'afwan 'afwan 'afwan 'afwan 'afwan 'afwan 'afwan 'afwan 'afwan
terimakasih buat share nyaa kawannn
BalasHapusana ijin copas tadz syukron ya tadz ..
BalasHapusana ijin copas ya tadz...syukron tadz
BalasHapussilahkan Ustadz Mahyani, Lc.
BalasHapusDengan senang hati.