SILABUS SHOROF (sample)


Ini adalah Contoh Silabus (mata pelajaran) SHOROF untuk santri kelas 3 MTs PPMI Assalaam semester Ganjil tahun ajaran 2012-2013.


SILABUS PEMBELAJARAN
Tahun Ajaran 2012-2013

NAMA SEKOLAH                  :  MTs PPMI Assalaam
MATA PELAJARAN               :  ILMU SHOROF
KELAS/SEMESTER              :  IX / GASAL
STANDAR KOMPETENSI     :  Menentukan Bina’ dan menashrifkan beberapa shighoh suatu fi’il secara Tashrif Ishthilahiy dan Tashrif Lughowiy
ALOKASI WAKTU                  : 32 x 40 menit

Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber/ Bahan/Alat
Memahami cara-cara menentukan Bina‘ dari Fi’il Mazid.
·   Fi’il Mujarrod dan Fi’il Mazid.
·   Huruf Ashliyyah dan Huruf Ziyadah.
·   Wazan dari Fi’il Mazid.
·   Menentukan Bina‘ dari Fi’il Mazid.
·   Meneliti dan menganalisa perbedaan antara Fi’il Mujarrod dengan Fi’il Mazid.
·   Menentukan Huruf Ashliyyah dan Huruf Ziyadah dari suatu Fi’il Mazid.
·   Menentukan wazan dari suatu Fi’il Mazid.
·   Menentukan Bina’ dari suatu Fi’il Mazid.
·   Mampu membedakan antara Fi’il Mujarrod dengan Fi’il Mazid.
·   Menyebutkan Huruf Ashliyyah dan Huruf Ziyadah yang terkandung dari Fi’il Mazid.
·   Mengetahui wazan suatu Fi’il Mazid.
·   Mampu menentukan Bina’ dari Fi’il Mazid dengan tepat.
·   Ketelitian.
·   Kesungguhan.

2 x 40 menit
·   Buku SHOROF jilid pertama.
·   Kamus Bahasa Arab.
·   Al Qur’an.

Nilai Karakter
·     Senantiasa mengawali dan mengakhiri aktivitas dengan berdoa.
·     Disiplin dalam mematuhi peraturan sekolah.
·     Menghormati guru.
·     Mengerjakan tugas yang diterima secara mandiri, inisiatif dan kreatif .
·     Saling bekerja sama dalam mengerjakan tugas kelompok
·     Berkomunikasi lisan dan tulisan dengan guru maupun teman menggunakan bahasa yang benar dan sopan.
·  Menashrifkan dan menghafal Tashrif Ishthilahiy dan Tashrif Lughowiy dari beberapa shighoh Fi’il Tsulatsiy Mazid, Ruba’iy Mujarrod, dan Ruba’iy Mazid.
·  Mengetahui dan memahami makna dari masing-masing kata yang ditashrifkan.
·  Mampu menerapkannya dalam perubahan kata pada suatu kalimat.

·   Tashrif Ishthilahiy dari wazan dan mauzun :        اَفْعَـلَ ، فَـاعَلَ ، تَفَـاعَلَ ، فَعَّـلَ ، تَفَعَّـلَ ، اِفْتَعَـلَ ، اِنْفَعَـلَ ، اِسْتَفْعَـلَ ، اِفْعَـلَّ ، اِفْعَـالَّ ، تَفَعْـلَلَ ، اِفْعَنْـلَلَ ،   dan اِفْعَـلَلَّ .
·   Tashrif Lughowiy :     اَفْعَـلَ ، فَـاعَلَ ، تَفَـاعَلَ ، فَعَّـلَ ، تَفَعَّـلَ ، اِفْتَعَـلَ ، اِسْتَفْعَـلَ ، تَفَعْـلَلَ ،    dan اِفْعَـلَلَّ .
·   Tashrif Lughowiy :  يَفْعَُِـلُ ، يُفْعِـلُ ، يُفَعِّـلُ ، يَتَفَـاعَلُ ، يَفْتَعِـلُ ، يَسْتَفْعِـلُ .
·    Tashrif Lughowiy dari Fi’il Mudhori’ yang dita’kid dengan Nun Tawkid Tsaqilah.
·   Tashrif Lughowiy Fi’il Amr dan Fi’il Nahy (tanpa Nun Tawkid dan dengan Nun Tawkid).
·   Menashrifkan wazan-wazan berikut : اَفْعَـلَ ، فَـاعَلَ ، تَفَـاعَلَ ، فَعَّـلَ ، تَفَعَّـلَ ، اِفْتَعَـلَ ، اِنْفَعَـلَ ، اِسْتَفْعَـلَ ، اِفْعَـلَّ ، اِفْعَـالَّ ، تَفَعْـلَلَ ، اِفْعَنْـلَلَ ،   dan اِفْعَـلَلَّ   secara Tashrif Ishthilahiy beserta Mauzunnya masing-masing.
·   Menashrifkan wazan-wazan berikut : اَفْعَـلَ ، فَـاعَلَ ، تَفَـاعَلَ ، فَعَّـلَ ، تَفَعَّـلَ ، اِفْتَعَـلَ ، اِسْتَفْعَـلَ ، تَفَعْـلَلَ ،  اِفْعَـلَلَّ   serta tashrif wazan : يَفْعَُِـلُ
، يُفْعِـلُ ، يُفَعِّـلُ ، يَتَفَـاعَلُ ، يَفْتَعِـلُ ، يَسْتَفْعِـلُ  secara Tashrif Ishthilahiy beserta Mauzunnya masing-masing.
·   Melafalkan Tashrif Ishthilahiy اَفْعَـلَ ، فَـاعَلَ ، تَفَـاعَلَ ، فَعَّـلَ ، تَفَعَّـلَ ، اِفْتَعَـلَ ، اِنْفَعَـلَ ، اِسْتَفْعَـلَ ، اِفْعَـلَّ ، اِفْعَـالَّ ، تَفَعْـلَلَ ، اِفْعَنْـلَلَ ،   dan اِفْعَـلَلَّ  menirukan yang telah dilafalkan oleh guru, dan menghafalkannya.
·   Melafalkan Tashrif Lughowiy اَفْعَـلَ ، فَـاعَلَ ، تَفَـاعَلَ ، فَعَّـلَ ، تَفَعَّـلَ ، اِفْتَعَـلَ ، اِسْتَفْعَـلَ ، تَفَعْـلَلَ ،  اِفْعَـلَلَّ   يَفْعَُِـلُ ، يُفْعِـلُ ، يُفَعِّـلُ ، يَتَفَـاعَلُ ، يَفْتَعِـلُ ، يَسْتَفْعِـلُ  secara kompak dan menghafalkannya.
·   Menashrifkan mauzun dari wazan-wazan tersebut dengan tepat dan sesuai dengan wazannya.
·   Antusiasme.
·   Tanggung jawab
·   Kecermatan dan ketelitian.
·   Hafalan.

2 x 40 menit dalam 7 x pertemuan klasikal (tatap muka).
14 x 40 menit
·  Kitab SHOROF jilid pertama dan jilid kedua (penerbit PPMI Assalaam).
·  Kamus Bahasa Arab.
·  Kitab At Tashrif (penerbit pesantren Persatuan Islam Bangil)
Nilai Karakter
·     Senantiasa mengawali dan mengakhiri aktivitas dengan berdoa.
·     Disiplin dalam mematuhi peraturan sekolah.
·     Taat dan menghormati guru.
·     Mengerjakan tugas yang diterima secara mandiri, inisiatif dan kreatif.
·     Saling bekerja sama dalam mengerjakan tugas kelompok.
·     Berkomunikasi lisan dan tulisan dengan guru maupun teman menggunakan bahasa yang benar dan sopan.

·  Menashrifkan dan menghafal Tashrif Lughowiy dari Isim Fa’il, Shifah Musyabbahah bi Ismil Fa‘il, Isim Maf’ul, Dhomir, dan Isim Isyaroh.
·  Mengetahui dan memahami makna dari masing-masing kata yang ditashrifkan.
·  Mampu menerapkannya dalam perubahan kata pada suatu kalimat.
·  Memahami makna Shighoh Muntahal Jumu‘ pada Isim Fa’il.

· Tashrif Lughowiy Isim Fa‘il dari wazan dan mauzun :       فَـاعِـلٌ ، مُفْعِـلٌ ، مُفَاعِـلٌ ، مُفْتَعِـلٌ ، مُتَفَاعِـلٌ .   dan Shifah Musyabbahah (berupa kata sifat, karakter, bentuk, dan warna) dari wazan :  فَعِيْـلٌ ، فَعِلٌّ ، فَعَلٌ ، فَعْـلٌ ، اَفْعَـلُ.   
·   Tashrif Lughowiy Isim Maf’ul : - مَفْعُوْلٌ ، مُسْتَفْعِـلٌ ، مُفَاعِلٌ ، مُفَعِّلٌ ، مُفْعَلٌ
·   Tashrif Lughowiy pada Dhomir fiy mahalli rof’in, fiy mahalli nashbin, dan fiy mahalli jarrin.
·   Tashrif Lughowiy pada Isim Isyaroh Lil Qorib dan Lil Ba’id.
·   Menerapkan tashrif-tashrif tersebut dalam perubahan kata.
·   Menashrifkan wazan-wazan berikut : فَـاعِـلٌ ، مُفْعِـلٌ ، مُفَاعِـلٌ ، مُفْتَعِـلٌ ، مُتَفَاعِـلٌ .   secara Tashrif Lughowiy beserta Mauzunnya masing-masing.
·   Menashrifkan Isim Shifah Musyabbahah bi Ismil Fa’il secara Tashrif Lughowiy.
·   Menashrifkan Isim Maf’ul dari wazan  مَفْعُوْلٌ ، مُسْتَفْعِـلٌ ، مُفَاعِلٌ ، مُفَعِّلٌ ، مُفْعَلٌ   secara Tashrif Lughowiy beserta Mauzunnya masing-masing.
·   Menashrifkan Dhomir dan Isim Isyaroh secara Tashrif Lughowiy dan menerapkannya pada perubahan kata dalam suatu kalimat / wacana.



·   Menghafalkan Tashrif فَـاعِـلٌ ، مُفْعِـلٌ ، مُفَاعِـلٌ ، مُفْتَعِـلٌ ، مُتَفَاعِـلٌ . secara Tashrif Lughowiy beserta Mauzunnya masing-masing.
·   Melafalkan dan menghafalkan Tashrif  Isim Shifah Musyabbahah bi Ismil Fa’il secara Tashrif Lughowiy.
·   Menghafalkan Tashrif Lughowiy pada Isim Maf’ul dengan wazan   مَفْعُوْلٌ ، مُسْتَفْعِـلٌ ، مُفَاعِلٌ ، مُفَعِّلٌ ، مُفْعَلٌ  beserta Mauzunnya.
·   Menghafalkan tashrif Dhomir dan Isim Isyaroh secara Tashrif Lughowiy dan menerapkannya pada perubahan kata.
·   Antusiasme.
·   Tanggung jawab
·   Kecermatan dan ketelitian.
·   Hafalan.

2 x 40 menit dalam 7 x pertemuan klasikal (tatap muka).
14 x 40 menit
·  Kitab SHOROF jilid pertama dan jilid kedua (penerbit PPMI Assalaam).
·  Kamus Bahasa Arab.
·  Kitab At Tashrif (penerbit pesantren Persatuan Islam Bangil)
Nilai Karakter
·     Senantiasa mengawali dan mengakhiri aktivitas dengan berdoa.
·     Taat dan menghormati guru.
·     Mengerjakan tugas yang diterima secara mandiri, inisiatif dan kreatif.
·     Saling bekerja sama dalam mengerjakan tugas kelompok.
·     Berkomunikasi lisan dan tulisan dengan guru maupun teman menggunakan bahasa yang benar dan sopan.

 

Mengetahui                                                                          Sukoharjo, 19 Juni 2012
Kepala MTs PPMI Assalaam                                                           Guru  Mata Pelajaran


                                                                                                                                                                                                                                                               
              Sigit Raharja, S. Si                                                                      Haris Firmansyah, A. Md
Share on Google Plus

About cakharis.blogspot.com

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

5 komentar:

  1. Wahai para pemimpinku dan atasanku, mohon dibaca hal-hal seperti ini. dikomentari.
    saya juga sering memosting artikel pendidikan dan ilmiah, tapi koq tidak pernah dibahas ataupun disanjung,.
    Padahal saya tahu kalo Anda membuka blog saya.
    'afwan 'afwan 'afwan 'afwan 'afwan 'afwan 'afwan 'afwan 'afwan 'afwan 'afwan 'afwan

    BalasHapus
  2. terimakasih buat share nyaa kawannn

    BalasHapus
  3. ana ijin copas tadz syukron ya tadz ..

    BalasHapus
  4. ana ijin copas ya tadz...syukron tadz

    BalasHapus
  5. silahkan Ustadz Mahyani, Lc.
    Dengan senang hati.

    BalasHapus